Resep Cemilan Lebaran yang Digoreng

Posted on

resep cemilan lebaran yang digoreng

Resep Cemilan Lebaran yang Digoreng – Lebaran ialah salah satu momen istimewa yang sangat dinanti-nanti bagi para umat yang merayakannya. Pada momen tersebut seluruh kerabat hingga sanak saudara akan berkumpul dan saling bersilaturahmi.

Tak jarang juga banyak makanan dan minuman akan dihidangkan pada saat ini. Salah satu menu yang kerap disuguhkan ialah camilan kue goreng yang sangat renyah dan gurih.

Pada kesempatan kali ini kita akan menghadirkan resep cemilan lebaran yang digoreng yang sangat cocok untuk suguhan lebaran. Berikut info dan langkah mengolahnya.

BACA JUGA : Model Rambut Cowo Panjang

 

Resep Cemilan Lebaran yang Digoreng Mudah & Praktis

Berikut beberapa resep kue lebaran yang digoreng, cocok sebagai isi toples moment lebaran bersama keluarga, teman, dan bisa dijadikan ide bisnis.

 

1. Resep Kue Telur Gabus / Cendol Keju

Sumber : https://id-test-11.slatic.net/

Bahan-bahan :
125 gram tepung sagu
50 gram keju cheddar parut
25 gram margarin
1 butir telur ayam ukuran besar
Minyak untuk menggoreng ( secukupnya )

 

Cara Membuat :

1. Pertama-tama, blender margarin,keju dan telur hingga semua bahan tersebut menyatu dan twercampur ratta. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, siapkan wadah berukuran sedang. Dalam wadah, masukkan tepung sagu dan buat lubang pada bagian tengahnya.

3. Kemudian tuangkan hasil blenderan ke bagian lubang tepung sagu tersebut. Aduk hingga rata menggunakan spatula. Lalu, uleni adonan tersebut dengan tangan sampai kalis dan dapat dibentuk.

4. Siapkan wajan berukuran besar dengan banyak minyak di dalamnya. Jangan nyalakan apinya terlebih dulu ya sobat!

BACA JUGA : Cara Memasak Ayam Saos

5. Selanjutnya, bentuk adonan menjadi bentuk silinder (miirip cendol ). Caranya kalian hanya perlu mengambil sejumput adonan lalu pilin dengan kedua telapak tangan sampai membentuk silinder panjang yang bagian ujungnya runcing.

6. Langsung celupkan adonan tersebut ke dalam wajan. Ulangi langkah di atas hingga wajan terisi banyak adonan dan adonan habis.

7. Jika wajan sudah penuh terisi adonan, nyalakan kompor dengan nyala api kecil-sedang. Walau adonan kue cendol keju saling tumpang tindih, tak perlu khawatir. Adonan akan melepas dengan sendirinya ketika minyak mulai panas.

8. Goreng adonan sembari di boalak-balik ketika sudah mulai mengeras. Aduk perlahan adoanan yang mullai kering agar tidak menggumpal. Masak hingga garing dan warna berubah menjadi kekuningan. Angkat dan tiriskan.

9. Biarkan agar cendol keju lebih dingin. Masukkan ke toples dan santap saat hari lebaran tiba.

 

TIPS!
1. Selain memakai tepung sagu untuk bahannya, kamu juga bisa menggunakan tepung tapioka atau kanji.

2. Bentuk atau pilinan adonan sebaiknya kecil saja, karena adonan akan mengembang ketika digoreng.

3. Hindari mengaduk kue dalam wajan saat belum mengeras ya, karena kue dapat hancur dan kehilangan bentuk jika belum mengeras.

BACA JUGA : Resep Masak Ikan Laut Bumbu Kuning

 

2. Resep Cheese Stick (Stik Keju)

Sumber : http://www.ninanoor.com/

Bahan-bahan :
150 gram tepung terigu
100 gram tepung sagu
1/2 sdt garam
Kaldu bubuk (secukupnya)
2 butir telur ayam
15 gram margarin
125 gram keju cheddar, parut
15 ml Air (secukupnya)

 

Langkah Cara Membuat :

1. Dalam wadah (baskom), campurkan tepung terigu, tepung sagu, garam, kaldu bubuk, dan juga keju. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Buat cekungan / lubang di bagian tengah campuran. Kemudian masukkan telur  dan aduk  kembali sampai rata.

2. Selanjutnya, tambahkan margarin lalu aduk sebentar dan uleni adonan menggunakan tangan hingga bertekstur kalis.

3. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit, apabila adonan terlalu kering dan sulit saat diuleni.

4. Berikutnya, letakkan adonan di meja area memasak yang sudah dibersihkan, gilas adonan hingga pipih dan agak tipis. Lalu, taburi dengan tepung sagu dipermukaannya. Potong dengan bentuk korek api menggunakan pisau.

BACA JUGA : Cara Memasak Terong Hijau

5. Panaskan banyak minyak di dalam wajan menggunakan api kecil. Pastikan minyaknya benar-benar panas.

6. Goreng adonan stik hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan stik.

7. Setelah stik dingin, simpan stik ke dalam toples yang kedap udara.

8. Stik keju siap disajikan.

 

TIPS
• Penggunaan keju bisa diganti dan disesuaikakn dengan selera. Misal menggunakan keju parmesan, edam, atau campuran dari ketiganya.

BACA JUGA : Cara Memasak Orak Arik

Demikian ulasan singkat mengenai resep cemilan lebaran yang digoreng, mudah dan sangat ekonommis. Kreasi jajanan lebaran kali ini bisa dijjadikan ide bisnis ya teman-teman.