pengertian waralaba atau franchise

Pengertian Waralaba Atau Franchise

Posted on

pengertian waralaba atau franchise

Pengertian Waralaba Atau Franchise – Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai bisnis waralaba. Ada baiknya bagi Anda memahami dan tahu pengertian serta istilah yang sering digunakan dalam bisnis waralaba.

Waralaba sekarang tengah gencar-gencarnya dikembangkan di negara kita tercinta, Indonesia. Model bisnis yang dulunya hanya didirikan oleh warga asing, kini telah populer dan banyak dikembangkan masyarakat Indonesia dan mengusung tema dan kuliner lokal.

BACA JUGA : Mobil Pick Up Bekas Harga 15 jutaan Terbaru

Pengertian Waralaba Atau Franchise?

Sumber : https://d2z8yrol3i8wid.cloudfront.net/

Franchise atau waralaba yaitu sebuah bisnis yang memiliki lebih dari satu kios cabang dan tersebar di berbagai wilayah hingga ke berbagai negara, dengan nama serta produk yang sama persis antara kios satu dengan yang lainnya.

Selain resep dan nama kiosnya sama, warna dan logonya yang digunakan pun juga sama persis. Namun penjabaran di atas belum mencangkup maksud dan pengertian dari bisnis waralaba.

Menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba atau franchise adalah suatu perjanjian yang mengikatantara dua belah pihak, dimana pihak pertama (mitra) dalam perjanjian mendapatkan hak untuk dapat memanfaatkan kekayaan intelektual (HAKI), termasuk menjual barang dan jasa yang sama persis dengan memberi imbalan kepada pihak kedua (pemilik produk asli) berdasarkan perjanjian tertentu yang sudah disetujui kedua belah pihak.

BACA JUGA : Xiaomi Berasal dari Negara Mana?

Asosiasi Franchise Indonesia juga menjelaskan definisi lain dari waralaba adalah sebagai suatu cara pendistribusian sebuah barang atau jasa kepada para pelanggan melalui franchisor yang kemudian akan memberikan izin terhadap mitranya atau perusahaan lain untuk dapat melakukan usaha yang sama persis dengan nama brand, cara, prosedur, prodak, harga dan cara-cara lainnya yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu serta meliputi area tertentu.

Seandainya Anda tertarik untuk membeli sebuah usaha waralaba. Nantinya Anda kan mendapatkan fasilitas seperti surat izin untuk membuka waralaba, logo, nama bran, otlet, serta Anda juga akan mendapat resep dan cara penjualan produk.

BACA JUGA : Fungsi Manajemen Keuangan

Istilah-Istilah yang Sering Dipakai Dalam Bisnis Franchise

pengertian waralaba atau franchise
Sumber : https://yukbisniskost.com/

1. Franchisor

Franchisor yaitu pihak pemilik atau penyedia waralaba, yang akan memberikan hak terhadap pihak lain (mitra) untuk bisa dimanfaatkan, digunakan dan dipasarkan produknya. Badan penyedia ini dapat berupa sebuah PT atau usaha perorangan.

2. Franchisee

Sedangkan pengertian dari Franchisee adalah, pihak ke dua (mitra) yang mendapatkan perizinan waralaba dari  seorang Franchisor (pemilik waralaba).

BACA JUGA : Cara Mengecek Pajak Motor Online Jawa Barat

3. Franchise Fee

Sumber : https://static.franchisedirect.ie/

Selain mitra dan pemilik usaha, istilah lainnya yang tak kalah penting adalah Franchise fee.

Franchise Fee sebenarnya ialah sejumlah biaya yang harus di keluarkan oleh seorang mitra dimuka, sebelum bisnis waralaba dapat mulai beroperasi.

Biaya-biaya Franchise Fee ini meliputi :

  • Biaya lisensi atau hak untuk menerapkan nama brand yang diwaralabakan selama jangka waktu yang telah ditentukan dan terikat kontrak.
  • Biaya hak untuk menerapkan atau meminjam pedoman operasional selama jangka waktu tertentu.

Pastikan juga sebelum anda membeli sebuah waralaba, biaya yang telah Anda keluarkan tersebut harus sudah termasuk:

  • Biaya survei lokasi
  • Desain outlet
  • Stok permulaan, termasuk semua stok barang dan bahan yang akan Anda butuhkan saat berjualan
  • Pencarian supplier
  • Pembentukan rencana bisnis
  • Penyelenggaraan pelatihan permulaan
  • Supervisi dan eksekusi peluncuran bisnis Anda (iklan dan pemasaran)

4. Royalty Fee

pengertian waralaba atau franchise
Sumber : https://www.finansialku.com/

Iatilah lainnya yang tak kalah penting ialah Royalty fee, yaitu biaya yang wajib Anda bayarkan setelah waralaba Anda mulai beroperasi dengan lancar dan berhasil memasarkan produk.

Biasanya biaya pembayaran ini sudah ditentukan sejak awal oleh seorang Franchisor, dan tertera di surat perjanjian, serta biasanya akan dibayarkan  setiap bulannya.

Kebijakan dari royalty fee ini beraneka ragam, tetapi umumnya berupa beberapa persen dari penghasilan yang anda peroleh, namun ada juga beberapa bisnis waralaba yang tidak menggunakan pendanaan satu ini.

Kegunaan dari Royalty fee:

  • Berguna untuk kelangsungan operasional bisnis franchise, atau sebagai arus kas untuk kesinambungan antar ssama pengusaha franchisee.
  • Untuk melakukan audit wiralaba serta evaluasi bisnis.
  • Research and development bagi brand serta pengembangan taktik pemasarannya.

BACA JUGA : Bank Bri Internet Banking

Demikian ulasan mengenai pengertian waralaba atau franchise yang wajib Anda ketahui sebelum menentukannya. Semoga ulasan barusan dapat bermanfaat bagi kita semua.