olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Posted on

olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan – Mempunyai berat badan ideal merupakan dambaan banyak orang. Tidak mengherankan, jika sekarang ini banyak bermunculan berbagai cara diet guna mencapai berat badan yang ideal.

Tidak hanya menu makan saja yang perlu dijaga dalam program penurunan berat badan, namun Anda juga perlu mengimbanginya dengan berolahraga. Hal ini karena diet dilakukan sebagai pengaturan makanan, yakni mengonsumsi makanan yang tidak banyak memasok kalori ke dalam tubuh.

Sedangkan berolahraga dilakukan guna membantu mempercepat proses pembakaran kalori tubuh dan metabolisme. Nyatanya, olahraga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terdapat beberapa macam olahraga yang dapat dikombinasikan dengan diet guna menurunan berat badan.

Lantas, apa saja olahraga tersebut? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai olahraga untuk menurunkan berat badan yang sudah amelia.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Jenis Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

olahraga untuk menurunkan berat badan

1. Lari

Lari adalah salah satu olahraga yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan serta membakar lemak. Dalam durasi 30 menit, setidaknya 240 hingga 355 kalori bisa terbakar.

Baca Juga: Olahraga Meninggikan Badan

olahraga untuk menurunkan berat badan

2. Renang

Berenang yang menggerakkan seluruh organ tubuh ini juga sangat ampuh untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, dengan berenang kesehatan jantung dan juga paru-paru Anda akan meningkat. Faktanya, renang yang dikerjakan selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 hingga 300 kalori.

olahraga untuk menurunkan berat badan

3. Bersepeda

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, bersepeda dianggap mampu membentuk otot perut. Anda dapat melakukannya selama 45 hingga 60 menit sehari. Aktivitas bersepeda juga dapat dijalankan di rumah dengan sepeda statis. Jika Anda hendak berolahraga di dalam rumah, sepeda statis adalah salah satu solusinya.

Baca Juga: Manfaat dari Olahraga Renang

4. Lompat Tali

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah skipping. Aktivitas yang kerap Anda lakukan semenjak duduk dibangku sekolah sebagai pilihan bermain ini ternyata juga untuk menurunkan berat badan, lho. Sekitar 230 hingga 300 kalori Anda akan terbakar apabila melakukan lompat tali selama 30 menit.

5. Berjalan Kaki

Berjalan kali adalah salah satu olahraga yang paling banyak peminatnya. Selain dinilai murah, olahraga ini juga efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, rutin berjalan kaki ternyata juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga tulang lebih kuat, memperbaiki mood, serta menjaga kadar kolesterol.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Waktu yang Baik untuk Berolahraga

Anda juga perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk berolahraga. Hal ini karena setiap waktu dalam berolahraga mempunyai manfaatnya masing-masing.

1. Pagi Hari

Pagi hari adalah pilihan waktu berolahraga yang kerap dipilih oleh banyak orang. Sebab, pada pagi hari udara masih segar. Tidak hanya itu, olahraga pada pagi hari mampu meningkatkan suasana hati sepanjang hari.

Hal ini karena pada pagi hari otak akan melepas hormon endorfin, yakni hormon yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan juga merangsang perasaan bahagia, sehingga kalori yang terbakar dalam sehari cenderung lebih banyak.

Baca Juga: Efek Samping Vitacimin

2. Sore dan Malam Hari

Tidak kalah bermanfaatnya dari berolahraga di pagi hari, olahraga pada waktu sore dan malam hari juga bisa menghilangkan stres, sehingga bisa membuat pikiran Anda lebih rileks setelah seharian melalui pekerjaan atau pelajaran yang membebani pikiran.

Untuk mengoptimalkan olahraga Anda di pagi ataupun sore hari, penting juga bagi Anda untuk mengonsumsi air mineral. Sebab, ketika melakukan olahraga, tubuh akan banyak kehilangan cairan tubuh, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi cukup cairan supaya Anda terhindar dari kondisi dehidrasi.

Itulah beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.