manfaat minyak kayu putih

Manfaat Minyak Kayu Putih

Posted on

manfaat minyak kayu putih

Manfaat Minyak Kayu Putih – Minyak kayu putih merupakan salah satu minyak atsiri yang banyak diaplikasikan untuk berbagai bahan utama untuk menciptakan beragam produk kesehatan atau obat, sehingga minyak kayu putih menjadi produk yang banyak dicari masyarakat.

Minyak kayu putih terbuat dari tumbuhan kayu putih, atau yang memiliki nama ilmiah Melaleuca leucadendra dengan kandungan terbesarnya yaitu eucalyptol atau cineole.

Tergolong sebagai salah satu minyak atsiri dengan sifat mudah menguap, memiliki rasa getir, dan bau wangi yang menyengat, serta mudah larut dalam pelarut organik.

Minyak kayu putih atau cajeput sangat bermanfaat dalam berbagai hal, salah satunya sebagai obat gatal pada kulit. Nah, untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut dari manfaat minyak kayu putih, silahkan simak ulasan berikut.

BACA JUGA : Efek Samping Susu Appeton Weight Gain

Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Tubuh dan Cara Pemakaian

1. Batuk

Sumber : https://akcdn.detik.net.id/

Batuk dapat muncul dari sebagian hal, seperti misalnya alergi, infeksi virus, atau kondisi kesehatan lainnya. Manfaat minyak kayu putih yang pertama ialah dapat berfungsi sebagai dekongestan alami, hanya dengan menghirup uapnya saja.

Selain itu, dalam minyak kayu putih terdapat pula senyawa sineol yang dapat melegakan saluran pernafasan. Sehingga sputum (dahak) dan rasa gatal di tenggorokan dapat diredakan karenanya.

Manfaat ini dapat dinikmati dengan cara mengusapkan minyak kayu putih ke bagian dada atau leher. Selain itu, dapat juga dengan menghirup uapnya secara langsung atau meneteskannya dalam baskom air hangat dan kemudian dihirup.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Sumber : https://cdn.idntimes.com/

Manfaat minyak kayu putih selanjutnya adalah dapat membantu meredakan nyeri sendi. Mengalami masalah nyeri sendi dan pegal-pegal memang tidak menyenangkan dan sering menggangu aktifitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengaplikasikanobat yang mengandung ekstrak minyak Eucalyptus.

Alih-alih mengkonsumsi obat, lebih baik gunakan minyak kayu putih yang juga mempunyai kandungan serupa. Minyak kayu putih mempunyai eucalyptus dan sineol yang dapat menghangatkan persendian.

BACA JUGA : Efek Samping Isoniazid

3. Melegakan Pernafasan

Sumber : https://asset.kompas.com/

Tak hanya dapat mengatasi masalah batuk dan pilek, manfaat minyak kayu putih yang lainnya ialah dapat atasi asma, sinusitis, dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Hal ini berasal dari sifat antiradang dan antioksidan yang terdapat dalam minyak kayu putih.

Hal inilah yang membuat minyak kayu putih dapat mengurangi cairan lendir seperti sputum (dahak) yang terdapat pada saluran pernafasan. Tak hanya akan mengurangi saja, melainkan juga dapat membantu mengencerkan sputum yang menyumbat saluran pernafasan.

Minyak kayu putih acap kali diaplikasikan untuk meredakan masalah flu, diantaranya batuk dan hidung tersumbat. Selain cineole atau eucaliptol yang menjadi salah satu kandungan dalam minyak kayu putih, ternyata masih ad juga senyawa yang bersifat dekongestan dalam tanaman minyak kayu putih. Senyawa ini berkhasiat dalam melegakan saluran tenggorokan dan hidung yang tengah tersumbat.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Vitamin Rambut

4. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat minyak kayu putih yang berikutnya ialah dapat mengatasi masalah sakit kepala. Bukan untuk menyembuhkan, melainkan hanya untuk meredakansaja, hal ini dikarenakan terdapat kandungan sineol didalamnya. Sineol akan memberikan sensasi rasa hangat dan memberikan efek menenangkan penggunanya.

5. Menjauhkan dari Gigitan Serangga

manfaat minyak kayu putih
Sumber : https://i2.wp.com/

Gangguan nyamuk dapat mendatangkan beragam keluhan penyakit. Menggunakan semprotan pengusir serangga mungkin dapat menjadi solusi, namun Anda harus memperhatikan bahan kimia yang terlalu kuat.

Sebagai alternatif untuh dapat menjauhkan serangga dari diri Anda, coba oleskan sedikit minyak kayu putih pada permukaan kulit. Saat ini, telah banya terdapat beragam jenis minyak botanical pengusir serangga yang terbuat dari ekstrak minyak lemon Eucalyptus.

Dengan memakai minyak tersebut, Anda akan terhindar dari penyakit yang disebarkan dari serangga nyamuk seperti malaria dan demam berdarah. Selain nyamuk, kutu juga dapat diusir dengan mengaplikasikan minyak kayu putih. Anda hanya perlu meneteskan minyak kayu putih ke area kulit kepala.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis

6. Merawat Luka

Sumber : https://image-cdn.medkomtek.com/

Siapa sangka goresan luka dapat diringankan dan disembuhkan dengan hanya mengaplikasikan minyak kayu putih. Pengobatan ini sudah acap kali dilakukan oleh suku Aborigin dari Australia. Bedanya, mereka mengaplikasikan daun minyak kayu putih secara langsung.

Tak heran jikalau minyak kayu putih dipercaya mampu mengatasi masalah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Bila tidak suka dengan tekstur minyaknya yang dapat meleleh kemana-mana, Anda dapat gunakan krim atau salep kayu putih.

7. Bekas Jerawat

Sumber : https://res.cloudinary.com/

Minyak kayu putih tak hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan saja, melainkan dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah. Mempunyai sifat anti inflamasi tinggi, tak heran jikalau kemudian minyak ini cocok untuk meremajakan kulit dan mengatasi bekas jerawat.

Cara memakainya juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampur gel lidah buaya dengan sedikit minyak kayu putih, lalu oleskan pada bekas jerawat yang mengganggu penampilan secara rutin. Jangan lupa setelahnya kamu tetap harus membersihkannya.

BACA JUGA : Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

8. Lancarkan Sirkulasi Darah

manfaat minyak kayu putih
Sumber : https://www.alomedika.com/

Efek pemanasan pada minyak kayu putih yang selanjutnya ialah dapat membantu melancarkan peredaran darah serta meningkatkan fungsi organ dan mengaktifkan sekresi vital. Selain itu, stimulasi minyak kayu putih juga dapat mensupport sekresi kelenjar endokrin serta kelenjar keringat.

Dengan lancarnya sirkulasi kelenjar keringat, dengan otomatis tubuh dapat mengeluarkan berbagai zat berbahaya.

9. Pereda Sakit Gigi

manfaat minyak kayu putih
Sumber : https://www.listerine.co.id/

Manfaat minyak kayu putih yang sudah banyak diketahui masyarakat ialah mempunyai efek seperti minyak cengkih dalam mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Caranya ambil beberapa tetes minyak kayu putih pada sebuah bola kapas dan setelahnya letakkan bola kapas tersebut di bagian gigi yang sakit.

Hal tersebut akan memberikan sensasi nyaman dalam selang waktu beberapa jam. Selain itu, minyak kayu putih juga akan membunuh kuman dan bakteri yang terdapat dimulut.

BACA JUGA : Game Balapan Mobil Terbaik

Demikian singkat ulasan mengenai manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengatasi batuk hingga gejala flu lainnya.