Kembang Tahu Jahe

kembang tahu jahe

kembang tahu jahe

Kembang Tahu Jahe – Wedang tahu atau yang kerap dikenal dengan kembang tahu merupakan salah satu minuman serta camilan hangat yang telah populer terutama di wilayah Jawa tengah dan Jawa barat.

Memiliki karakteristik warna putih dan bertekstur sangat lembut, serta biasanya dinikmati dengan kuah beraroma jahe yang dikolaborasikan dengan air gula merah yang hangat dan menyegarkan.

Namun tak menutup kemungkinan jika minuman satu ini juga dapat disajikan dengan sirup gula pasir dan bebrapa taburan kacang tanah dibagian atasnya. Kembang tahu sangat cocok untuk dijadikan sebagai teman minum pada malam hari dan saat cuaca sedang memasuki musim dingin.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya tanya apa itu kembang tahu, sebenarnya kembang tahu erat kaitanya dengan tahu pada umumnya, sebab bahan dan cara pembuatan yang hampir sama. Yang membedakannya hanyalah bahan yang dipakai bukan berupa kacang kedelai, melainkan sarinya saja yang sudah diolah menjadi susu kedelai murni.

BACA JUGA : Resep Apem Panggang Empuk dan Lembut

Makanan ini juga sering disebut sebagai puding tahu, puding kedelai, tauhue, tahok, dan lain sebagainya. Tauhue sangat populer di Negri Tiongkok selatan, biasanya minumman ini akan dihidangkan bersama dengan air gula.

Sedangkan di negara Taiwan, kembang tahu biasanya akan dihidangkan bersama dengan kacang merah, dan air jeruk nipis untuk menambahkan sensasi rasa yang lebih beragam.

Bagi warga Jawa barat pasti sudah mengetahui minuman satu ini, minuman serta camilan ini banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima dipinggir jalan hingga ada pula yang berkeliling menggunakan sepeda.

Namun bagi kalian yang masih kesulitan menemukan penjual dari camilan satu ini, tak perlu iri. Kalian dapat membuatnya sendiri di rumah dengan resep di bawah, hasilnya tak kalah enaknya dari jajanan pedagang kaki lima kok.

BACA JUGA : Resep Memasak Udang Besar

Resep dan Langkah Membuat Kembang Tahu Jahe/ Tahwa

Sumber : https://10619-2.s.cdn12.com/

Bahan Utama :

  • 1000 ml susu kedelai tawar
  • 7 gram agar-agar bubuk (plain)
  • 100 gram gula pasir (sesuai selera)
  • 1/4 sdt garam

Bahan Kuah Jahe :

  • 750 ml air
  • 150 gram gula jawa
  • 2 sdm gula pasir
  • 5 ruas jari jahe (geprek)
  • 1 batang serai (geprek)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • Garam secukupnya

Langkah cara membuat :

1. Paertama-tama kamu harus membuat puding tahunya, silahkan campur bahan seperti susu kedelai, gula pasir, garam, dan agar-agar plain dalam sebuah panci. Lalu masak hingga mendidih dan susu kedelai berubah agak kental dan meletup-letup. Jangan lupa untu diaduk-aduk.

2. Setelahnya, angkat dan tuangkan puding tahu yang masih panas ke dalam sebuah wadah. Jangan lupa untuk menyaringnya agar makin lembut.

BACA JUGA : Cara Mengecek Pajak Motor Online Jawa Barat

3. Biarkan agar puding tahu dingin dan mengeras. Kalian juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas agar lebih cepat. Namun perlu diingat saat hendak menyimpannya dalam lemari es, pastikan puding dingin terlebih dahulu ya.

4. Sembari menunggu puding mengeras, kamu dapat membuat kuah jahenya terlebih dahulu. Silahkan rebus semua bahan kuah jahenya.

5. Jangan lupa untuk mengaduk-aduk nya sampai rata dan masak hinga mendidih agar bahan-bahannya dapat larut dan tercampur sempurna.

6. Setelah mendidih dan dirasa semua bahan telah tercampur, matikan api dan kemudian angkat. Tuangkan air kuah jahe sembari disaring agar airnya jernih dan tidak berampas.

BACA JUGA : Model Rambut Cowo Panjang

7. Setelah pudingmengeras dan kuahnya siap, kamu tinggal menyajikannya dengan susunan kembang tahu terlebih dahulu, barulah tuangkan kuah gula  jahenya.

8. Sajikan kembang tahu jahe selagi hangat agar lebih enak saat disantap.

Demikian tips dan resep membuat kembang tahu jahe yang sangat nikmat dan cocok disantap saat musim digin melanda. Semoga resep di atas dapat membantu, selamat mencoba!