kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

Posted on

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil? – Masa kehamilan adalah masa emas dimana segala asupan nutrisi perlu dikontrol. Apabila Anda malas memperhatikan pola makan serta gaya hidup, maka dapat berakibat fatal.

Ketika hamil tubuh memerlukan nutrisi hampir lima kali lipat. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi serta mengonsumsi susu khusus ibu hamil maka pertumbuhan janin dalam kandungan pun akan optimal. Dalam kasus ini, sejumlah ibu hamil tidak jarang merasa mual karena aroma susu yang tidak sedap sehingga memicu muntah.

Namun, mual serta muntah di awal kehamilan adalah hal yang wajar. Sebab sesering apapun muntah, ibu hamil harus minum susu hamil supaya janin tidak kekurangan gizi. Menjaga tubuh supaya tetap sehat merupakan kewajiban ibu hamil. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi susu khusus ibu hamil.

Namun, kapan waktu yang baik untuk minum susu ibu hamil? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai waktu terbaik minum susu bagi ibu hamil yang sudah amelia.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

Untuk memenuhi asupan gizi selama hamil, kandungan susu sangat membantu. Dalam satu gelas susu memiliki kandungan asam folat yang berguna untuk memaksimalkan pertumbuhan otak serta kondisi fisik bayi supaya tidak lahir cacat.

Tidak hanya itu, ibu hamil mempunyai lebih banyak tenaga untuk beraktivitas sehari-hari jika rutin mengonsumsi susu. Jadi, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil?

Baca Juga: Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Ibu hamil dianjurkan untuk mulai mengonsumsi susu hamil ketika usia kehamilan trimester 1. Hal ini mengingat susu hamil penting untuk mencukupi nutrisi ibu serta janin. Pada saat usia kehamilan memasuki trimester 1, maka janin mulai berkembang sehingga memerlukan asupan gizi yang cukup.

kapan sebaiknya minum susu ibu hamil

Tidak hanya itu, susu ibu hamil juga baik dikonsumsi ketika usia kehamilan memasuki trimester 2 sampai 3. Setiap hari ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi paling tidak 3 cangkir susu atau produk olahan susu lainnya. Hal tersebut melansir dari National Center for Biotechnology Information.

Hal ini membantu mencukupi kebutuhan gizi ibu serta janin yang tengah berkembang. Susu ibu hamil mempunyai zat besi yang tinggi. Ibu hamil yang mempunyai zat besi rendah, lebih cenderung berisiko mengalami persalinan prematur.

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Apabila Anda mengalami alergi susu sapi, maka Anda dapat mengonsumsi susu kedelai sebagai alternatif rendah lemak yang bagus untuk susu sapi. Pastikan untuk memilih merek yang memiliki kandungan kalsium.

Itulah waktu terbaik untuk mengonsumsi susu ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.