Hewan yg Hampir Punah

Posted on

Hewan yg Hampir Punah

Hewan yg hampir punah – Fauna di bumi sungguh-sungguh berbagai dengan segala keunikannya masing-masing. Diantaranya juga ada hewan yang dapat berevolusi untuk menyesuaikan diri dan juga mempertahankan kelangsungan hidup hewan tersebut. Akan tetapi tidak jarang juga beberapa dari mereka sudah terancam punah.

Tidak hanya di indonesia, sudah banyak sekali binatang yang yang mungkin saja beberapa tahun lagi akan punah. Diakibatkan oleh pemburuan liar dan juga hilangnya habitat asli mereka.

Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai hewan yg hampir punah. Selain dapat menjadi kans besar, siapa tahu kamu dapat ikut serta membantu melindungi binatang-binatang hal yang demikian.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih Cina

1. Hewan Elang Flores yg Hampir Punah

hewan yg hampir punah
Sumber: https://burungnya.com/

Burung elang orisinil Flores ini sudah terancam punah, kini populasinya tak sampai 250 ekor. Elang yang satu ini ataupun spizaeteus floris yang ternyata hanya dapat ditemukan di beberapa pulau yang ada di NTT. Seperti di pulau Sumbawa, Rinca, Paloe, Lombok, Flores, Komoso, dan juga Satonda.

Burung elang dari Flores ini memiliki tubuh berukuran sedang dengan tubuh elang dewasa sekitar 55 cm. Komponen kepalanya berambut putih dan sesekali memiliki garis-garis berwarna coklat di mahkotanya.

2. Hewan Gelada yg Hampir Punah

hewan yg hampir punah
Sumber: https://s.kaskus.id/

Gelada yakni kera yang tampak seperti baboon. Primata ini cuma dapat ditemukan di dataran tinggi Ethiopia.

Kumpulan gelada sangatlah kompak. Kalau salah satu member terancam, mereka langsung menyerang secara membabi-buta dengan gigi tajam dan cakar mereka. Tidak peduli itu manusia atau binatang lain yang lebih besar dan buas.

3. Hewan Kanguru Pohon yg  Hampir Punah

hewan yg hampir punah
Sumber: https://www.greeners.co/

Binatang ini tampak lucu dan menggemaskan, ya? Kanguru variasi ini yakni makropod yang menyesuaikan diri dengan lingkungan di atas pohon. Kanguru pohon lebih gampang ditemukan di Papua Nugini. Ada pula di Queensland dan Australia. Sama seperti yang lainnya, kanguru pohon juga memiliki kantong perut untuk merawat buah hati-buah hatinya.

Baca juga: Salah Satu Manfaat Memelihara Ikan Hias adalah…

4. Ubur-ubur Emas

Sumber: https://awsimages.detik.net.id/

Terdapat suatu danau ubur-ubur yang terletak di Eil Malik. Pada suatu lokasi terpencil yaitu Republik Pulau di Samudra Pasifik. Danau yang sudah terisolasi ini merupakan habitat yang sangat sempurna untuk kawanan ubur-ubur emas yang sudah hidup selama sekitar 12.000 tahun.

Ubur-ubur emas ini sungguh-sungguh aman, sengatannya tak akan dirasakan manusia. Karenanya dari itu, Pulau Eil Malk selalu menjadi destinasi liburan untuk berenang bersama ubur-ubur.

5. Burung Bidadari Halmahera

Sumber: https://materiipa.com/

Burung yang satu ini merupakan salah satu jenis burung cendrawasih yang memiliki ukuran sedang yaitu sekitar 28cm. Bidadari halmahera ini memiliki bulu cantik dengan kombinasi warna coklat, hijau, dan warna zaitun.

Burung bidadari Halmahera lazimnya cuma ditemukan di Pulau Halmahera dan Pulau Bacan, Maluku Utara. Makanan dari burung ini adalah buah-buahan, serangga, dan juga atropoda.

6. Cendrawasih Gundul

Sumber: https://www.burungcantik.com/

Tidak cuma estetika pulaunya saja, Raja Ampat memiliki binatang endemik yang sungguh-sungguh cantik. Spesies langka satu ini hanya berada di 2 pulau kecil yaitu pulau Batanta dan juga Waigeo yang berada di kepulauan Raja Ampat.

Burung yang sudah langka ini mempunyai bulu berwarna hitam dan merah, serta bagian tengkuknya berwarna kuning dan mulut dari burung ini berwarna hijau terang. Kaki dari burung satu ini berwarna biru serta terdapat “hiasan” pada bagian ekornya yang berbentuk bulu panjang melingkar.

7. Kura-kura Leher Ular Rote

Sumber: https://cdn.idntimes.com/

Sesuai dengan namanya, kura-kura leher ular mempunyai leher yang panjang seperti ular. Binatang hal yang demikian menyebabkan lehernya tak dapat ditarik ke dalam tempurung.

Binatang ini termasuk endemik yang cuma dapat ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. ini sungguh-sungguh langka sehingga International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkannya sebagai binatang terancam punah.

8. Kadal Berduri

Sumber: https://asset-a.grid.id/

Hal inilah yang menjadi salah satu keajaiban dari evolusi kadal untuk menyesuaikan diri menghadapi habitat yang ekstrem di gurun gersang yang berada di Australia. Kadal berduri yang bernama latin moloch horridus atau yang biasa disebut dengan Thorny Devil dipenuhi dengan duri tajam pada sekujur tubuhnya bahkan hingga kepala dan juga ekornya.

Warna dari kulit hewan satu ini bisa berubah-ubah, dari mulai warna kuning hingga menjadi hitam ataupun coklatkemerahan, sesuai dengan warna tanah yang sedang mereka lewati. Spesies hewan yang satu ini juga mempunyai sejenis kepala palsu yang terletak di bahunya dan berfungsi untuk mengecoh predator.

Baca juga: Sistem Pernafasan Pada Hewan

Itulah ulasan lengkap mengenai hewan yg hampir punah, yang dapat kamu pelajari dan jaga kelestariannya. Semoga bermanfaat!