efek samping vitacimin

Efek Samping Vitacimin

Posted on

efek samping vitacimin

Efek Samping Vitacimin – Vitacimin berkhasiat untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C serta menjaga kesehatan tubuh. Suplemen vitacimin ini di pasaran tersedia dalam bentuk tablet.

Vitacimin memiliki kandungan vitamin C, L-cysteine dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, serta nicotinamide dan vitamin B6 (pyridoxine) yang berkhasiat memperbaiki metabolisme tubuh.

Selain itu, vitacimin juga memiliki kandungan calcium pantothenate dan vitamin B2 (riboflavin) yang berguna membantu proses pembentukan energi. Sama halnya dengan suplemen jenis lainnya, vitacimin juga memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

Lantas, apa saja efek sampingnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai efek samping vitacimin yang sudah amelia.my.id rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

efek samping vitacimin

Efek Samping Vitacimin yang Perlu Anda Ketahui!

Apabila dikonsumsi sesuai aturan atau petunjuk yang diberikan oleh dokter, maka vitacimin sangat jarang mengakibatkan efek samping.

Sebaliknya, apabila vitacimin dikonsumsi dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu panjang, maka bisa mengakibatkan efek samping seperi di bawah ini:

  • Sakit perut
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Batu ginjal

Jika Anda merasakan gejala seperti yang disebutkan di atas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Segera ke dokter apabila timbul reaksi alergi, seperti pembengkakan pada mata atau bibir, ruam pada kulit serta kesulitan bernapas, sesudah mengonsumsi Vitacimin.

Baca Juga: Efek Samping Isoniazid

Interaksi Vitacimin dengan Obat Lain

Vitacimin bisa menyebabkan efek interaksi tertentu jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obat lain, di antaranya:

  • Menurunkan pengeluaran serta penyerapan vitamin C, apabila digunakan bersama aspirin.
  • Menurunkan efektivitas obat antivirus golongan penghambat protease
  • Berisiko meningkatkan terjadinya keracunan zat besi pada jantung, apabila dikonsumsi dengan obat deferoxamine.
  • Menurunkan respon tubuh terhadap warfarin.
  • Menurunkan kadar fluphenazine di dalam darah.

efek samping vitacimin

Perhatian Sebelum Mengonsumsi Vitacimin

  1. Apabila Anda mempunyai riwayat alergi terhadap bahan yang terkandung dalam obat ini, maka hindari mengonsumsi Vitacimin.
  2. Vitacimin Sweetlets memiliki kandungan pemanis siklamat dan sakarin. Oleh karena itu, obat ini dilarang diberikan pada anak usia <2 tahun.
  3. Informasikan kepada dokter jika Anda mempunyai riwayat batu ginjal, gagal ginjal, diabetes, defisiensi enzim G6PD, dan hemokromatosis.
  4. Informasikan kepada dokter apabila Anda sedang merencanakan kehamilan, hamil, atau menyusui.
  5. Konsultasikan kepada dokter apabila Anda sedang mengonsumsi suplemen, obat dan obat herbal.
  6. Informasikan kepada dokter apabila Anda ingin menjalani tes gula darah atau tes feses atau tinja. Sebab kadar vitamin C yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa memengaruhi hasil pemeriksaan.
  7. Jika mengalami reaksi overdosis atau alergi obat sesudah mengonsumsi Vitacimin, maka segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Efek Samping Susu Appeton Weight Gain

Itulah beberapa efek samping vitacimin yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.